GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK SENTOSA BENGKULU

Meriyanti, Mita and Fauziah, Dewi Winni and Setya, Enti Rikomah (2021) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK SENTOSA BENGKULU. Diploma thesis, Stikes Al-Fatah Bengkulu.

[thumbnail of Karya Tulis Ilmiah] Text (Karya Tulis Ilmiah)
KTI mita meriyanti.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan dan kepuasan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kepuasan pasien menjadi hal yang sangat penting dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Karena dengan adanya kepuasan maka pihak terkait dapat saling mengkoreksi sampai dimana pelayanan yang diberikan apakah bertambah baik atau buruk. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh setiap petugas dalam memberikan pelayanan, dengan kata lain pelayanan yang dapat memuaskan adalah pelayanan yang dilakukan berdasarkan ketentuan yang berlaku dan dapat memahami apa yang diminta masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode lima dimensi kualitas pelayanan yaitu
Kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), Keyakinan (convidence), Empati (empathy), dan Bukti Langsung (tangible). Penelitian ini menggunakan metode deskriftif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh pasien yang menebus obat di Apotek Sentosa Bengkulu. Pengambilan sampel yaitu Accidental Sampling, jumlah sampel 86 responden dan dilaksanakan pada bulan Februari 2021 sampai Maret 2021.
Hasil persentase tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Sentosa Bengkulu pada dimensi Kehandalan (reliability) sebesar 94,77% (sangat puas), dimensi ketanggapan (responsiveness) 86,34% (sangat
puas), dimensi Keyakinan (convidence) 86,20% (sangat puas), dimensi Empati (empathy) 82,56% (sangat puas), dan pada dimensi Bukti Langsung (tangible) 83,08% (sangat puas). Jadi dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Sentosa Bengkulu diklasifikasikan Sangat Puas.
Kata Kunci: Tingkat Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Apotek Sentosa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Siti Atiqoh
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:07
Last Modified: 25 Oct 2022 02:07
URI: http://eprints.stikesalfatah.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item
View Item