Delia, Annisa Citra and Yuniarti, Panti and Setya, Enti Rikomah (2020) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM (RSU) UMMI BENGKULU. Diploma thesis, Stikes Al-Fatah Bengkulu.
KTI ANNISA CITRA DELIA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Kepuasan pasien menjadi hal yang sangat penting dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Permasalahan yang kadang muncul tentang ketidakpuasan pasien diantaranya medication error, waktu tunggu pelayanan, keterbatasan sumber daya dan empati dari petugas.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSU Ummi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), keyakinan (confidence), empati (emphaty), dan Berwujud (tangible). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskrisptif. Cara pengambilan sampel secara accidental sampling, jumlah sampel 291 responden dan dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Maret 2020. Berdasarkan hasil penelitian tingkat kepuasan pasien terhadap dimensi kehandalan sebesar 80,94%, dimensi ketanggapan sebesar 81,81%, dimensi keyakinan sebesar 82,43%, dimensi empati sebesar 83,32% dan dimensi berwujud sebesar 81,74%. Persentase rata-rata Tingkat Kepuasan adalah 82,05% dengan artian pasien Sangat Puas dengan Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum (RSU) Bengkulu.
Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Pasien Rawat Jalan, Pelayanan Kefarmasian, Instalasi Farmasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Siti Atiqoh |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 02:53 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 03:22 |
URI: | http://eprints.stikesalfatah.ac.id/id/eprint/32 |